Hari Jum’at, 11 Oktober 2019 telah dilaksanakan Acara Launching kegiatan Pemberdayaan masyarakat dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2019 yang merupakan implementasi dari Hasil Musrembang (RKP) Nagari Lubuk Besar Tahun 2018 dan APB Nagari Tahun 2019.

Sekira Jam 11.00+ WIB acara dipandu oleh Pembawa Acara Syukri, S.Pd, Sekretaris Nagari Lubuk Besar dan buka Secara Resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, didampingi Camat Asam Jujuhan Bapak Imam Mahfuri, SE.

Dalam Sambutan Wali Nagari, Bapak Burhanudin berpesan kepada para peserta pelatihan, “agar fokus dan giat saat pelatihan, juga berharap pelatihan ini berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat…”Kegiatan tersebut diadakan di Aula Kantor Nagari Lubuk Besar Kecamatan Asam Jujuhan, Dharmasraya yang dihadiri oleh Kepala Dinas PMD diwakili oleh Bapak Wendi, Camat Asam Jujuhan Imam Mahfuri, SE, Dinas Kesehatan, Pendamping Desa, Narasumber2 Pelatihan, Bamus, Bhabinkamtibmas, Bamus serta Anggota, Wali Nagari Burhanudin serta staf, LPM, Ninik Mamak, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, dan peserta Pelatihan yang didukung oleh Management PT.Tidar Kerinci Agung.

Rundown acara pemberdayaan yang dimaksud meliputi :

1. Pelatihan Pangan Sehat dan Pembentukan Pos Gizi (Penanggulangan Stunting Anak), Tanggal 7 s/d 12 Okt. 2019.

Pembentukan pos gizi ini bertujuan untuk kelanjutan kegiatan penanggulangan Stunting Anak (anak kerdil) di Nagari Lubuk Besar, juga mewadahi kegiatan makanan tambahan bagi anak diusia 1000 pertama kehidupan.

Dalam sambutan Dinas Kesehatan bahwa “di Nagari Lubuk Besar belum ditemukan kasus Gizi buruk, namun ada kasus gizi kurang.

2. Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Teknologi Tepat Guna (Makan Atun Khas Lubuk Besar), 11 s/d 13 Oktober 2019

Makanan “Atun” Khas Nagari Lubuk Besar, Kec. Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya yang digiatkan oleh Kelompok Wanita Lubuk Besar Bersinar” pernah meraih piala saat pameran makanan khas daerah saat Ulang tahun Kab. Dharmasraya.

Makan Atun ini biasanya dihidangkan dalam acara adat, pernikahan, agama, dll. Namun karena gigihnya kelompok yang dikomandoi oleh Ibu Sinarwati, ketua TP PKK Nagari Lubuk Besar, kegiatan ini sukses. Beliau juga berencana akan mengangkat pamor “Atun” agar dikenal oleh masyarakat luas hingga nasional.

Terlebih telah beberapa hari dilatih oleh Narasumber dari UNAND, Ibu Cesar Welya Refdi, S.TP,. M.Si, Bapak Ismed, S.Pt., M.Sc dan Ibu Felga Zulfia Rasdiana, S.TP., M.Si Memandu peserta bagaimana pengemasan yang baik dan kreatif agar “Atun” lebih menarik minat beli, pembuatan label, serta batas expired makanan agar lebih lama.

Adapun jenis-jenis “Atun” yang dikreasikan adalah rasa Original, Pandan, Labu, Vanila, Durian, Coklat, Kacang hijau, dll

Gambar : Atun Kemasan (Makan Khas Nagari Lubuk Besar)

3. Pengembangan dan Pembinaan Sanggar Seni ( Silek Angku Rabun Sakti), Tanggal 21 s/d 23 Oktober 2019

Sanggar Silek Angku Rabun Sakti Nagari Lubuk Besar, merupakan wahana bagi pemuda pemudi Nagari Lubuk Besar untuk belajar bela diri dan melatih diri untuk mengisi kekosongan waktu dengan hal yang bermanfaat.4. Pelatihan Kerajinan Tangan (Tradisional), Tanggal 28 s/d 30 Oktober 2019.

Gambar : Canguk, Bakul, Lapaik (tikar) dari daun pandan.

Potret diatas merupakan sampel kerajinan tangan sebelum pelatihan, dan berbagai jenis kerajinan tangan tradisional lainnya yang akan disiapkan adalah Lukah, Sawo, Jalo, Pukek, Panah Ikan, Niru, Sanduak, Katidiang, dll.

Semua kegitan ini nantinya akan dikembangkan sebagai bentuk kegiatan Sumber Ekonomi Kreatif untuk memberdayakan masyarakat yang tidak berdaya. =========================

#Sy

#Humas Nagari Lubuk Besar

#Pemnag Lubes

#Minggu, 13/10/2019

Bagikan Berita